Dongeng Islami

[Dongeng Islami][bsummary]

Kutipan Qur'an

[Kutipan Quran][twocolumns]

Memandang Rasulullah ...Part II


Rasulullah adalah manusia terbaik yang pernah ada di muka bumi ini terutama dalam hal akhlak yang baik, beliau memiliki keistimewaan yaitu lidahnya fasih, perkataannya lugas, lancar dan tidak bertele-tele serta maknanya tidak rancu, diberi jawami'ul kalim ( ucapan yang singkat bermakna luas ), mengandung berbagai hikmah, mengetahui dialek-dialek bangsa arab sehingga apabila beliau berbicara dengan suatu kabilah menggunakan dialek kabilah tersebut.

Beliau adalah orang yang paling santun dan pandai menguasai diri, pemaaf disaat mampu untuk membalas, dan sabar terhadap hal-hal yang tidak menyenangkan. Semua itu adalah sifat-sifat yang diajarkan oleh Allah kepada beliau.

Aisyah berkata," Apabila Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam dihadapkan pada dua pilihan , maka beliau memilih yang paling mudah selama itu bukan dosa. Jika itu dosa maka beliau orang yang paling menjauhinya."

Beliau tidak melakukan pembalasan kalau menyangkut dirinya, tetapi beliau hanya melakukan pembalasan karena larangan-larangan Allah dilanggar. Beliau adalah orang yang paling mudah ridha dan memaafkan.

Beliau sangat dermawan karena sifat dermawannya beliau memberi suatu pemberian yang melimpah dan tidak takut miskin,terlebih-lebih apabila bulan ramadhan tiba, beliau lebih murah hati dari pada angin yang berhembus.
Jabir berkata,"ketika dimintai sesuatu, beliau sama sekali tidak pernah mengatakan,"Tidak."

Dalam hal keberanian beliau adalah orang yang paling berani mendatangi tempat-tempat yang sulit dan berbahaya. Sudah berapa kali para pahlawan yang gagah berani lari dari hadapan beliau.Beliau tetap tegar tidak bergerak, maju pantang mundur, dan tidak gentar.
Ali bin Abi Thalib berkata" Apabila kami tercekam oleh suatu ketakutan dan terancam bahaya, kami berlindung kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam. Dan tak seorangpun yang lebih dekat jaraknya dengan musuh selain beliau.
Anas berkata,"Suatu malam, penduduk Madinah merasa ketakutan (karena mendengar suara aneh), lalu orang-orang bertolak menuju suara tersebut. Mereka bertemu dengan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam yang sudah kembali dari tempat suara tersebut dan beliau menunggangi kuda Abu Thalhah sambil menyandang pedang, dan beliau berkata,"Kalian tidak perlu takut, Kalian tidak perlu takut."

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam adalah orang yang sangat pemalu dan menundukkan pandangannya. Abu Sa'id Al Khudri berkata," Beliau adalah orang lebih pemalu daripada seorang gadis. Apabila beliau tidak menyukai sesuatu terlihat dari raut mukanya."

Beliau tidak pernah menatap orang terlalu lama,menundukkan pandangan, pandangannya ke arah tanah lebih lama dari pada ke langit  tidak berbicara kepada seseorang dengan kata-kata yang membuat dirinya malu, tidak menyebut nama seseorang dengan jelas jika mendengar sesuatu yang kurang beliau senangi dari orang itu, tetapi beliau hanya berkata" Mengapa orang-orang berbuat demikian."

Beliau adalah orang yang paling tawadlu', paling jauh dari sifat sombong. Beliau melarang berdiri untuk menyambut kedatangannya sebagaimana dilakukan oleh para raja. Beliau membesuk orang-orang miskin, duduk bersama orang-orang faqir, suka mengundang budak , duduk membaur dengan para sahabatnya.

Aisyah berkata," Beliau biasa menambal sandalnya, menjahit bajunya, bekerja dengan tangannya sendiri sebagaimana salah seorang diantara kalian bekerja di rumahnya. Beliau sama dengan orang lain yang mencuci pakaiannya, memerah susu kambingnya, dan melayani dirinya sendiri.

Beliau adalah orang yang paling tepat janji, menyambung silahturahmi, paling kasih sayang terhadap orang, paling bagus pergaulannya, paling mulia akhlaknya,paling jauh dari akhlak yang tercela, tidak pernah berbuat keji dan kotor, tidak pernah mengumpat, tidak pernah berteriak-teriak di pasar , tidak pernah membalas keburukan dengan keburukan, tetapi selalu memaafkan dan lapang dada. Tidak membiarkan seseorang berjalan di belakangnya, tidak mengungguli hamba sahayanya dalam hal pakaian dan makanan, mau  melayani pembantu atau pelayannya, belum pernah membentak pembantunya, mencintai orang-orang miskin duduk bersama mereka, mengantarkan jenazah mereka dan tidak menghina orang faqir karena kefaqirannya.

Sungguh Ya..Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam engkau adalah permata dunia...
Sungguh Ya..Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam engkau adalah teladan bagi semua orang...
sungguh Ya..Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam engkau adalah Manusia yang terbaik dan Sempurna...
Sungguh Ya.. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam engkau Utusan Allah...Rahmat bagi semesta Alam..

 Di ambil dari kitab Sirah Nabawiyah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar